Jumat, 31 Januari 2014

THE ART

SENI RUPA
Oleh : Muhammad Lukman, S. PdI

PENGERTIAN SENI
Seni adalah ekspresi perasaan manusia yang dikonkritkan, untuk mengkomonikasikan pengalaman batinnya kepada orang lain (masyarakat penikmat) sehingga merangsang timbulnya pengalaman batin pula kepada penikmat yang menghayatinya.
Pengertian seni menurut para ahli adalah sebagai berikut :
1.      Thomas Munro ; seni adalah alat buatan manusia yang menimbulkan efek-efek psikologis atas manusia lain yang melihatnya.
2.      M. Adler : seni  adalah sesuatu yang memberi kita kesenangan
3.      T. Aquines : sesuatu yang apabila dilihat membuat senang
4.      Aristoteles : sesuatu selain baik juga menyenangkan.
5.       J. Bushnel : kualitas yang mendatangkan apresiasi
6.      S. Coleridge : perpaduan sesuatu yang baik 
7.      F. Hegel : identitas yang sempurna dan nyata
8.      Michellengolo : penyingkiran hal yang berlebihan
9.      Frans H : sesuatu yang dapat memberi ide dan gagasan
10.  Jonhson : perimbangan bagian yang menyenangkan
11.  I Kant : sesuatu yang menyenangkan seketika, dan semesta
12.  Eric W : gejala yang dapat di cerna oleh indra dengan baik
13.  Herbert : bentuk penerapan indrawi manusia yang senang
14.  J. Ruskin : benda yang dapat memberi kesenangan
15.  Brade (1956) seni adalah pemanfaatan budi dan akal untuk menghasilkan karya yang membahagiakan jiwa spiritual manusia
16.  Lager (1964) seni adalah kegiatan untuk menciptakan sesuatu yang dapat dipahami oleh perasaan manusia bentuknya berupa lukisan patung, arsitektur, musik, tari, film dan lain-lain
17.  Read (1968) seni adalah ekspresi sebuah pengalaman nyata yang memiliki nila yang berdiri sendiri yang dapat ditangkap oleh panca indra
18.  Keindahan adalah nilai-nilai estetis yang menyertai sebuah karya rupa
Pengertian Seni Rupa
Seni rupa adalah cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yang bisa ditangkap mata dan dirasakan dengan rabaan. Kesan ini diciptakan dengan mengolah konsep garis, bidang, bentuk, volume, warna, tekstur, dan pencahayaan dengan acuan estetika.
Seni rupa dibedakan ke dalam tiga kategori, yaitu seni rupa murni atau seni murni, kriya, dan desain. Seni rupa murni mengacu kepada karya-karya yang hanya untuk tujuan pemuasan eksresi pribadi, sementara kriya dan desain lebih menitikberatkan fungsi dan kemudahan produksi.
Secara kasar terjemahan seni rupa di dalam Bahasa Inggris adalah fine art. Namun sesuai perkembangan dunia seni modern, istilah fine art menjadi lebih spesifik kepada pengertian seni rupa murni untuk kemudian menggabungkannya dengan desain dan kriya ke dalam bahasan visual arts
Bidang Seni Rupa :
  1. Seni Rupa Murni, yang meliputi :
Æ  Seni Lukis
Æ  Seni Grafis
Æ  Seni Patung
Æ  Seni Instalasi
Æ  Seni Pertunjukan
Æ  Seni Keramik
Æ  Seni Koreografi
Æ  Seni Film
Æ  Seni Fotografi
  1. Desain
Æ  Arsitektur  adalah seni dan ilmu dalam merancang bangunan
Æ  Disain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin
Æ  Desain industri (bahasa Inggris: Industrial design) adalah seni terapan di mana estetika dan usability (kemudahan dalam menggunakan suatu barang) suatu barang disempurnakan
Æ  Desain Interior
Æ  Desain Busana
  1. Kriya
Æ  Kriya tekstil
Æ  Kriya kayu
Æ  Kriya keramik
Æ  Kriya rotan

Aliran-Aliran Dalam Seni Rupa :
Naturalisme
aliran seni rupa yang mengutamakan kesesuaian dengan keadaan mahluk hidup, alam, dan benda mati sebenarnya. Contoh yang paling terlihat adalah pada lukisan potret diri, pemandangan alam,
Realisme
Aliran ini menunjukkan suatu keadaan sosial yang sesungguhnya dan biasanya memprihatinkan dan sedang bergejolak di dunia atau suatu tempat tertentu. Contoh aliran seni rupa ini antara lain melukiskan kemiskinan, kesedihan, atau peristiwa yang memilukan.

Romantisme
Aliran ini umumnya ditandai oleh tema-tema yang fantastis, penuh khayal, atau petualangan para pahlawan purba. Juga banyak menampilkan berbagai perilaku dan karakter manusia yang dilebih-lebihkan. Eugene delacroik (1798-1963), Jean Baptiste Camille Corot(1796-1875) dan Rousseau
Impresionisme
yang menampilakan bentuk yang sederhana dan terlampau biasa. Claude Monet (1840-1926)

Ekspresionisme
Adalah suatu aliran dalam seni rupa yang melukiskan suasana kesedihan, kekerasan, kebahagiaan, atau keceriaan dalam ungkapan rupa yang emosional dan ekspresif. Vincent van Gogh (1853-1890)
Kubisme
Adalah aliran yang cenderung melakukan usaha abstraksi terhadap objek ke dalam bentuk-bentuk geometri untuk mendapatkan sensasi tertentu. Salah satu tokoh terkenal dari aliran ini adalah Pablo Picasso.
Konstruksifisme
Aliran seni ini awalnya berkembang di Rusia penggagasnya antara lain Vladimir Tattin, Antoine Pevsner, dan Naum Gabo. Gaya ini mengetengahkan berbagai karya seni berbentuk tiga dimensional namun wujudnya abstrak. Bahan-bahan yang dipergunakan adalah bahan modern seperti besi beton, kawat, bahkan plastik.
Abstrakisme
Seni ini menampilkan unsur-unsur seni rupa yang disusun tidak terbatas pada bentuk-bentuk yang ada di alam. Garis, bentuk, dan warna ditampilkan tanpa mengindahkan bentuk asli di alam. Kadinsky dan Piet Mondrian marupakan sebagian perupa beraliran abstrak ini. Seni Abstrak ini pada dasarnya berusaha memurnikan karya seni, tanpa terikat dengan wujud di alam.
Dadaisme
Adalah gerakan seni rupa modern yang memiliki kecendrungan menihilkan hukum–hukum keindahan yang ada.Ciri utama gaya ini adalah paduan dari berbagai karya lukisan, patung atau barang tertentu dengan menambahkan unsur rupa yang tak lazim sebagai protes pada keadaan sekitarnya, seperti lukisan reproduksi lukisan “Monalisa “ karya Leonardo da Vinci tetapi diberi kumis, atau petusan laki-laki diberi dudukan dan tandatangan, kemudian dipamerkan di suatu galeri.
Surealisme
Adalah penggambaran dunia fantasi psikologis yang diekspresikan secara verbal, tertulis maupun visual. Bentuk-bentuk alam dideformasi, sehingga penuh fantasi dan di luar kewajaran.
Posmodernisme
Istilah seni ini umumnya disebut seni kontemporer yaitu mengelompokan gaya-gaya seni rupa yang sezaman dengan pengamat atau yang menjadi kecenderungan popular dan dipilih oleh para seniman dalam rentang lima puluh tahun terakhir hingga sekarang.
Gaya ini sering diartikan sebagai aliran yang berkembang setelah seni modern. Jika dalam seni modern lebih memusatkan kepada ekspresi pribadi dan penggalian gaya baru, dalam seni Posmodern ungkapan seni lebih ditekankan kepada semantika (makna rupa) dan semiotika (permainan tanda rupa).
PENGERTIAN SENI PATUNG
Seni patung adalah cabang seni rupa yang hasil karyanya berwujud tiga dimensi. Biasanya diciptakan dengan cara memahat, modeling (misalnya dengan bahan tanah liat) atau kasting (dengan cetakan).
FUNGSI PATUNG:
1. Sebagai sarana beribadah

2. Sebagai monument

3. sebagai artistic


BENTUK-BENTUK PATUNG
Ø    Berdasarkan wujudnya
1.  Patung Kepala

2.  Patung Torso atau Badan

3.  Patung Lengkap atau seluruh badan

Ø    Berdasarkan jenisnya :
1. Patung Realis

2. Patung Dekoratif

3. Patung non dekoratif

PEMATUNG INDONESIA
Pematung dari Indonesia yang terkenal di antaranya :
*                  Dolorosa Sinaga
*                  Edhi Sunarso
*                  Gregorius Sidharta
*                  I Nyoman Nuarta

PEMATUNG DUNIA DI ANTARANYA :
*                  Henry Moore merupakan salah satu seniman patung paling terkenal pada abad ke-20
*                  Michaelangelo Buonarroti , Karyanya yang dianggap terbaik adalah Patung David, Pietà, dan Fresko
MEDIA DAN ALAT DALAM SENI PATUNG
Ø    Media
Media adalah bahan yang digunakan untuk membuat patung yang habis setelah digunakan.
Contohnya : Lilin, tanah liat, batu, fiber, dll.
Ø    Alat
Alat adalah bahan yang digunakan untuk membuat patung yang habis dalam jangka waktu tertentu.
Contohnya : Linggis, cetakan, pisau, tatah, dll
TEKNIK MEMBUAT PATUNG
Æ    Membentuk
Æ    Merekonstruksi atau menggabungkan
Æ    Mencetak
Æ    Mengurangi

MEMBUAT PATUNG DARI TANAH LIAT
Bahan :
F    Tanah Liat
F    Air
F    Plastik
Cara Membuat :
Campurkan tanah liat dengan air sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk sampai tanah menyatu tetapi tidak terlalu lembek supaya mudah untuk dibentuk. Anda juga bisa melapisi cetakan dengan plastik, supaya mudah diambil. Bentuk adonan tanah sesuai dengan kreatifitas Anda misalnya bentuk binatang, asbak, atau peralatan rumah tangga. Setelah terbentuk rapikan dengan cara dielus menggunakan jari dan bantuan air sampai permukaan menjadi halus. Kemudian keringkan dengan cara di jemur di bawah terik sinar matahari.

MEMBUAT PATUNG DARI FIBER
Tahap pembentukan dengan bahan fiberglass sebagai berikut :
1.                  Tahap pembentukan pencipta awali dengan membuat bentuk yang akan diwujudkan dengan bahan gabus (styrofoam), selanjutnya dilapisi dengan kertas. Dilanjutkan dengan melakukan pelapisan dengan bahan fiberglass pelapisan dilakukan dua kali karena pencipta mencampur bahanfiberglass (resin) dengan bahan lain. Pelapisan pertama hanya menggunakan resin dan met sebagai lapisan dasar, setelah itu menggunakan campuran resin dengan serbuk teraso merah
2.                  Tahap penghalusan pencipta lakukan dengan mengunakan amplas, baik yang digosokan dengan memakai tangan maupun bantuan mesin gerinda.
3.                  Tahap akhir pencipta finising dengan cat air yaitu perep untuk menyesuaikan dengan karakter tokoh tersebut setelah itu digosok dengan sikat logam barulah dilapisi dengan pelamir lantai merek clier coat sebagai pelindung cat agar tahan terhadap sinar matahari ataupun air.
MEMBUAT PATUNG DARI LILIN ala Madame Tussauds
1. Mengumpulkan Informsi Dari Tokoh Aslinya mengukur tubuh

Mencetak Tangan
Bagian tangan tidak akan dibuat manual dengan tanah liat, melainkan mencetak tangan asli tokoh tersebut ke dalam cairan semacam karet (alginat), karena proses pembuatan tangan manual dinilai sulit untuk menyamai aslinya.
            
. Mencetak Kepala
     Cetakan gypsum kepala yang seperti puzzle disusun kembali dan direkatkan dengan tali yang kencang, kemudian direndam ke dalam air hangat agar lembab dan mudah untuk dilepas dari wax yang akan dituang ke dalamnya.
     Wax (beeswax) yang masih panas (74 derajat C) dituangkan ke dalam cetakan tersebut hingga penuh dan didiamkan 60 menit hingga lapisan terluar mengeras. Sisa wax di dalamnya dikeluarkan, sehingga yang dipakai adalah kepala wax berongga.
                 
4. Moulding (Membuat Cetakan Negatif)
     Kepala tanah liat yang sudah jadi kemudian akan dimoulding (membuat cetakan negative) menggunakan plaster (gypsum). Setelah jadi, cetakan tersebut akan dibelah menjadi beberapa bagian agar mudah dibongkar pasang ketika menuangkan wax.
     Cetakan plaster inilah yang akan disimpan, agar dapat dipakai berkali-kali jika dibutuhkan. Patung tanah liat yang sebelumnya dibuat tidak akan terpakai lagi, dan akan dihancurkan

5. Membershkan Sisa Cetakan Lilin Pada Model

     Setelah wax berbentuk kepala telah jadi, kepala tersebut dilepaskan dari cetakannya untuk kemudian diperiksa dan dibersihkan. Warna dan ukurannya tidak lupa dicek terlebih dahulu. Hal ini sangat penting untuk memastikan bahwa kepala tidak menyusut atau bermetamorfosis di dalam cetakan.
     Setelah itu, seniman wax mulai bekerja untuk menghapus garis sambungan yang terbentuk ketika mencetak. Mereka bekerja dengan peralatan kayu, menggosok lipatan dari sisi ke sisi untuk meratakan daerah tersebut.
     Bola logam digunakan untuk membakar bag. Mata untuk membuat ruang bola mata. Teknik yang sama digunakan untuk membuat ruang untuk gigi.
6. Pengukiran Kepala dan Bentuk Wajah
     Setelah menyusun semua foto referensi, dan mengambil gambaran posisi dan ekspresi. Pematung mulai membuat kepalanya. Diawali dengan pembuatan cetakan yang terbuat dari clay pada rangka kawat. Setelah bentuk dasar sudah terlihat, dilanjutkan dengan detail bagian wajahnya dengan bantuan calipers.
     Pematung akan mengukir ekspresi yang paling menarik. Proses pembuatan kepala ini sampai selesai dapat mencapai waktu 5 minggu. Biasanya yang menjadi favorit para pematung yaitu pemain sepak bola yang sedang berteriak, karena akan terlihat sangat nyata.

7. Pembuatan Gigi
     Untuk menciptakan senyum sempurna, diperlukan banyak informasi yang berbeda seperti bentuk gigi, tata letak, warna dan warna gusi. Jika beruntung, selama interview seniman juga meminta selebriti untuk membuat cetakan gigi mereka dengan menggigit gigi dempul.
     Semua gigi yang digunakan dibuat oleh perusahaan efek khusus (persis gigi palsu dari dokter gigi). Menempelkan gigi palsu ini menggunakan wax lembut yang masih lengket, seiring waktu wax akan mengeras mencegah gigi untuk bergerak.

8. Pembuatan Bagian Tubuh
     Membuat bagian tubuh merupakan proses yang sangat rumit. Dibutuhkan banyak perencanaan dan persiapan sebelum memulai dengan tanah liat. Pertama-tama, membuat kerangka atau frame tubuh.
     Kerangka kaki terbuat dari tiang logam yang kuat, sedangkan lengan terbuat dari aluminium fleksibel. Biasanya proses ini membutuhkan waktu satu minggu. Setelah rangka jadi, baru bisa melekatkan tanah liat, dan membentuknya. Terkadang ada juga request dari sang tokoh agar lebih berotot.

9. Pemasangan Rambut
     Setiap rambut dimasukkan satu per satu ke dalam kepala. Dan akan ada lebih dari 10.000 rambut di satu kepala. Dibutuhkan sampai 4 minggu untuk memasukkan rambut hingga penuh menutupi kepala.
     Rambut yang digunakan adalah rambut asli manusia yang disumbangkan, sehingga dapat dicuci, dipotong dan membuat gaya pada rambut.
     Kepala lilin dipanaskan perlahan dengan lampu hangat untuk membuat penyisipan lebih mudah dan lebih rapi. Setiap helai rambut dimasukkan ke dalam lilin dengan menggunakan alat kecil (lihat gambar di bawah) yang dibuat dengan memotong mata jarum jahit biasa menjadi garpu kecil.
     Para seniman rambut berhati-hati untuk mengikuti pola pertumbuhan rambut yang unik dari masing-masing selebriti, memastikan mahkota rambut dan perpisahan berada di tempat yang tepat. Rambut kemudian dikeramas, dikeringkan dan dipotong meniru gaya rambut sang tokoh.

10. Penyelesaian Akhir
     Semua bagian tubuh dari kepala, tangan, tubuh hingga kaki sudah siap untuk disatukan. Tehnik akhirnya adalah memasangkan baju ataupun gaun pada model patung tersebut. Agar terlihat lebih hidup, biasanya patung dibuat dalam pose sesuai dengan karakter unik sang tokoh aslinya.




0 comments:

Posting Komentar

Berita

Menggandeng pengrus FTBM Kabupaten rumah literasi Kampung dongeng mengadakan safari literasi

  Temanggung. Forum taman bacaan masyarakat (FTBM) Kab. Temanggung yang berpusat di rumah literasi kampung dongeng binaan rumah zakat menga...