Senin, 07 September 2015

STUDY BANDING KE MASJID JOGOKARIYAN

tempuranonline.
Pengurus Remaja Masjid Al Ikhlas saat berpose di depan masjid Jogokarian
Remaja masjid Al-Ikhlas tempuran pada hari ahad tanggal 6 September lalu mengadakan kegiatan study banding ke Masjid Jogikariyan yang berada di provinsi DIY. Kegiatan  studi banding ini bertujuan untuk membina remaja Masjid agar mereka mampu membantu program-program yang di jalankan oleh Takmir Masjid dimana Remaja masjid berada, karena remaja masjid merupakan anak dari Takmir masjid yang secara langsung bertanggung jawab dalam kegiatan di lingkungan masjid. kegiatan ini diikuti oleh sebanyak 18 anggota dan penurus Remaja Masjid Al Ikhlas Tempuran, dan organisasi remaja masjid Kab. Temanggung.

Dalam kesempatan tersebut organisasi remaja masjid diminta untuk terus membantu kegiatan dan pengembangannya bersama dengan Takmir masjid. saat memberikan pengarahan nara sumber dari masjid Jogokariyan berpesan bahwa fungsi masjid adalah sebagainama fungsi masjid yang dulu pernah diajarka oleh rasulullah yaitu;

Fungsi masjid pada jaman rasulullah.
  1. Sebagai pusat pendidikan dan pengajaran ilmu khususnya Islam.
  2. Sebagai pusat peribadatan
  3. Sebagai pusat informasi msy
  4. Penerima tamu negara
  5. Ruang tunggu tamu resmi rasulullah.
  6. Tempat pengumpulan zakat
  7. Mengatur kegiatan masyarakat islam
  8. Pusat pertolongan umat
  9. Rumah sakit di saat kritis
  10. Tempat menginap musyafir
  11. Tempat menelesaikan sengketa umat
Sedangkan untuk kajian sebagai sarana untuk pembinaan umat diklasifikasikan sebagai berikut;
klasifikasi kajian: 

disesuaikan dengan kondusi jamaah dengan harapan semua lapisan masyarakat bisa mengikuti kajian.
  • Orangtua
  • Pasangan muda
  • Remaja
  • Anak2
Masjid Jogokarian menjadi simbol kemajuan masjid dengan menegemen yang baik, diantara tahapan menegemen tersebut adalah :
  • How to image
  • How to manage
  • Hiw to male sucses
Jamaah ada dua macam yaiu jamaah dakwah dan jamaah biasa. Jamaah dakwah adalah jamaah yang harus terus dibina agar mereka mau untuk pergi ke masjid. sedangkan jamaah biasa adalah mereka yang telah terbina dan terbiasa dengan masjid serta berjamaah dimasjid setiap saat waktu shalat.
Bila hanya mengutamakan masjid sebagai tempat sholat jamaah saja maka perolehan infak hanya dari jamaah sholat. Maka diberdayakan agar kegiatan yg lain agar di pusatkan di masjid.

Ketokohan seorang pemimpin dibutuhkan, atau pimpinan idealnya adalah tokoh.
Setiap urusan ada kepengurusan sendiri

dalam melaksanakan pembinaan umat, menegemen masjid menggunakan pendekatan kepada masyatakat sekitarnya bukan dengan cara pengumuman saja, jadi masyarakat akan merasa nyaman ketika berada di masjid.


Galeri foto







Berita

Menggandeng pengrus FTBM Kabupaten rumah literasi Kampung dongeng mengadakan safari literasi

  Temanggung. Forum taman bacaan masyarakat (FTBM) Kab. Temanggung yang berpusat di rumah literasi kampung dongeng binaan rumah zakat menga...