Selasa, 03 Maret 2020

MENUMBUHKAN MINAT BACA, ANAK-ANAK DIAJAK BERMAIN PERMAINAN TRADISIONAL



Temanggung.. Dunia anak adalah dunia bermain, begitulah kata yang bisa kita cerna dari kebiasaan anak-anak, tumbuh kembang mereka selalu dibarengi dengan kebiasaan tersebut. Dengan bermain mereka juga akan menemukan hal positif yang terkandung dalam permainan seperti kerjasana saling membantu dan percaya diri. Hal ini juga diterapkan di rumah baca Aducita binaan rumah zakat di desa berdaya desa Tempuran Kec. Kaloran Temanggung Jawa Tengah. Dirumah baca ini anak-anak selalu diperkenalkan permainan tradisional sebelum atau setelah membaca buku kecuali mereka belajqr sqins dan crafting bersama mengelola dan pembina rumah baca ini.


Menurut Tegar selaku pengelola rumah baca, kegiatan sepwrti ini selalu dilakukan mengingat anak-anak dilingkungannya kurang berminat membaca buku jadi untuk menumbuhkan minat baca ini mereka harus diberikan iming-iming berupa permainan dan yang lainya agar selalu mengunjungi rumah baca. Selain permainan tradisional setiap satu bulan mereka juga diberikan doorprize untuk yang rajin mengunjungi rumah baca dengan dibuktikan dengan pengisian daftar Hadir.

Kali ini mereka diajak bermain bisik bisikan peraturan permainan ini adalah mereka duduk berbanjar kebelakang kemudian anak yang duduk di belakang bertugas memberikan informasi dari kakak petugas kepada anak didepannya dengan cara berbisik ditelinganya, kemudian dilanjutkan kepada teman yang lain didepannya pula sampai dengan anak terakhir apabila ada yang salah memberikan informasi maka akan mendapat hukuman.

#IJF
#desaberdaya
#tempuran











0 comments:

Posting Komentar

Berita

Menggandeng pengrus FTBM Kabupaten rumah literasi Kampung dongeng mengadakan safari literasi

  Temanggung. Forum taman bacaan masyarakat (FTBM) Kab. Temanggung yang berpusat di rumah literasi kampung dongeng binaan rumah zakat menga...